Selasa, 20 Januari 2015

Diet yang salah bisa berbahaya

Diet Yang Salah Bisa Berbahaya

Diet yang salah bisa berbahaya
Diet yang salah bisa berbahaya

Berat badan tak pernah berhenti menjadi isu bagi para wanita. Tidak sedikit dari mereka yang terobsesi untuk menurunkan berat badan karena merasa terlalu gemuk, walaupun pada kenyataannya  berat badannya sudah ideal.

Anggapan bahwa wanita yang bertubuh langsing lebih cantik itu membuat banyak orang  terobsesi untuk menjadi sekurus mungkin. Apakah anda salah satunya? Hati-hati memilih diet yang tepat untuk anda. Bisa -bisa bukannya menjadi langsing dan sehat, malah terkena berbagai penyakit. Antara lain, gangguan menstruasi dan anemia.

Jika anda obesitas, menurunkan sampai berat ideal bisa berefek banyak terhadap kesehatan anda. Anda bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan beberapa tipe kanker. Namun sangatlah penting memilih cara diet yang benar. kebanyakan orang ingin hasil instan dan memilih diet yang katanya bisa menurunkan berat badan secara cepat. Seperti hanya mengkonsumsi makanan tertentu atau sebaliknya berpantang makanan tertentu. Mengurangi porsi makan, bahkan yang paling ekstrim tidak makan sama sekali.

Pola makanan yang tidak benar, tidak mengkonsumsi makanan tertentu atau mengurangi porsi makan bisa mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan atau kekurangan nutrisi yang diperlukannya, seperti kurangannya zat besi, yang menyebabkan anemia.  Gangguan makan seperti bulimia,  anorexia nervosa, diet yang berlebihan bahkan sampai membuat kelaparan, bisa membuat hormon dalam tubuh tidak seimbang. Akibatnya kadar hormon kacau balau. Anda bisa mengalami stres, dan gangguan  menstruasi seperti keluar terlalu sedikit atau terlalu banyak, datangnya menstruasi tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali alias menopause dini.

Diet dengan mengkonsumsi obat pelangsing juga tidak disarankan. Alasannya, obat pelangsing bisa merusak folikel. Folikel adalah kantung berisi cairan dalam ovarium (indung telur) yang merupakan tempat telur berkembang dan kemudian dilepaskan selama ovulasi. Setiap bulan, folikel dirangsang untuk melepaskan sel telur oleh hormon FSH (folliclestimulating hormone) yang dibuat oleh kelenjar hipofisis. Rusaknya folikel ini berakibat siklus haid tidak teratur. Ketika perempuan mengalami menstruasi dengan teratur, tubuhnya akan memproduksi hormon estrogen dan progesteron. 
Sebaliknya jika menstruasi tidak teratur, maka produksi hormon tersebut berkurang, resiko menderita osteoporosis pun bertambah. Sebaliknya bila hormon estrogen terlalu dominan, akan membawa resiko penebalan dinding dalam rahim, dan bahkan dapat mengakibatkan kanker endometrium.

Anemia adalah kondisi diman tubuh kekurangan seldarah merah. Sel darah nerah adalah komponen penting dalam darah yang berperan  untuk mengirimkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika Anda memiliki anemia, tubuh anda akan kekurangan oksigen sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik, ciri-cirinya jika anda memiliki anemia adalah wajah terlihat pucat, lemah selalu merasa letih, cepat capek dan sakit di bagian dada ketika berolahraga, gejala seperti detak jantung yang tidak reguler, sering bingung dan bagian tubuh kebas adala pertanda penyakitnya sudah parah.

Ada beberapa tipe anemia, yang paling umum adalah anemia yang  diakibatkan oleh kekurangan zat besi, penderita anemia banyaknya wanita, terutama ketika menstruasi dan baru melahirkan karena kehilangan darah dalam jumlah banyak mengakibatkan zat besi, wanita juga lebih banyak melakukan diet yang salah dibandingkan dengan pria. Hubungannya dengan diet yang salah adalah karena sering kali wanita kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu zat besi. Oleh karena itu jangan sampai keinginan untuk menjadi langsing mengorbankan kesehatan karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, konsumsilah makanan seperti bayam, buncis, brokoli, pisang, hati, jeruk, alpukat, pepaya, kol, kacang-kacangan, kacang, dan biji-bijian. Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang akan mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.


Menurunkan berat badan memang penting, namun jangan salah dalam memilih diet, tidak ada yang instan, apapun iming-iming produk diet ataupun diet yang sedang menjadi tren saat ini, cara terbaik untuk menurun kanberat badan dan tetap menjaga kesehatan adalah berolah raga teratur dan memiliki pola makan yang benar yaitu memperbanyak buah, sayur, ikan, dan daging tak berlemak, dan mengurangi gula dan lemak jenuh.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Diet yang salah bisa berbahaya

0 komentar:

Posting Komentar