Jumat, 23 Januari 2015

Pria bisa terkena kanker payudara

Pria Bisa Terkena Kanker Payudara

Pria bisa terkena kanker payudara
Pria bisa terkena kanker payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker pembunuh wanita nomor dua setelah kanker serviks. Kanker payudara menjadi mimpi buruk yang menakutkan bagi wanita selama ini. Semntara pada pria risikonya lebih tinggi untuk mendapatkan kanker paru-paru dan kanker prostat.karena payudara pada pria tidak tumbuh, apa benar pria aman dari risiko terkena kanker payudara? ternyata Jawabannya tidak! Pria tetap memiliki risiko terkena kanker payudara.

Kanker payudara pada pria adalah kanker yang terbentuk pada jaringan payudara pada pria. Meskipun kasusnya jarang terjadi (the American cancer security memperkirakan 1 dari 1000pria akan mendapatkan kanker payudara, sedangkan pada wanita kasusnya terjadi pada 1 dari 8), meskipun begitu para pria tetap waspada. Karena banyak yang tidak tahu dan peduli pada penyakit ini, sehingga para pria jarang memeriksakan diri kalau ada yang mencurigakan, seperti misalnya mendapatkan ada gumpalan di daerah payudara (dada). Jika diagnosanya didapati ketika kanker masih stadium awal, pengobatannya masih mungkin dilakukan. Namun seringkali pria tidak mengindahkan gejala-gejala ini sehingga mereka terlambat menemui dokter yang akhirnya kanker baru diketahui ketika telah mencapai stadium lanjut dan sudah terlambat untuk diobati. Kanker payudara pada pria juga rata-rata terjadi pada pria yang sudah tua.

gejala kanker payudara yang bisa terjadi pada pria antara lain :

  1. Benjolan atau penebalan pada jaringan  payudara, meskipun tidak terasa sakit.
  2. Perubahn pada kulit di sekitar payudara seperti lesung, kerutan, kemerahan, atau bersisik.
  3. Kehilangan nafsu makan dan berat badan, karena penyerapan nutrisi di dalam tubuh tidak berlangsung maksimal.
  4. Keluar cairan berupa darah atau cairan berwarna putih dari puting susu.
  5. Perubahan pada puting susu, seperti kemerahan, bersisik, atau puting susu masuk ke dalam.


Cepat periksakan ke dokter jika anda mendapati satu atau beberapa gejala seperti diilustrasikan di atas. Sel-sel kanker ini berkembang biak jauh lebih cepat dibanding sel sehat. Sel ini juga agresif menyerang sehingga fungsi tubh anda terganggu dan menyebakan berbagai masalah kesehatan lainnya. Sel-sel ini membentuk tumor yang bisa dengan cepat menyebar ke jaringan lain, kelenjar getah bening dan bagian tubuh lain.

Penyebab yang meningkatkan risiko kanker payudara pada pria antara lain :
  1. Usia tua, kanker payudara pada pada pria umumnya terjadi pada pria usia 60-70
  2. Konsumsi obat-obatan yang menambah estrogen, seperti ketika terapi hormon untuk mengobati kanker prostat, atau penggantian kelamin.
  3. Ada silsilah keluarga yang terkena kanker payudara (faktor keturunan).
  4. Sindrom kinefelter yaitu ketika bayi laki-laki terlahir dengan lebih dari satu kromosom X. Sindrom kinefelter mengakibatkan pertumbuhan testis yang abnormal sehingga memproduksi hormon androgen lebih rendah dan lebih banyak hormon estrogen.
  5. Penyakit hati yang mengakibatkan hormon estrogen meninggi.
  6. Obesitas, karena bertambahnya sel lemak dalam tubuh. Sel lemak ini mengubah androgen menjadi estrogen.Pemaparan radiasi, jika anda menerima perawatan radiasi ke dada, seperti perawatan kanker yang ada di dada.


Meskipun belum diketahui penyebab pasti terjadinya kanker payudara, namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara pada pria. Yaitu jangan mengonsumsi alkohol, dan menjaga berat badan ideal. Jaga pola makan sehat dengan banyak makan buah dan sayur juga merutinkan olah raga. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pria bisa terkena kanker payudara

0 komentar:

Posting Komentar